Tentang kami

InSID.id merupakan kanal media online Islam yang menyajikan informasi secara teks, audio, dan video secara mutiplatform. InSID.id berkomitmen untuk menyajikan informasi yang mencerahkan, berwawasan, mendalam dan faktual, didukung data-data kuantitatif dan kualitatif, baik sekunder maupun primer serta dapat dipertanggungjawablkan.

InSID.id lahir dari kegelisahan terhadap kondisi kehidupan sosial-keagamaan yang semakin “mengeras” penuh intoleransi dan relasi sosial ke-Indonesiaan yang dipenuhi hoax, ujaran kebencian, ancaman disintegrasi serta sikap saling curiga antar anak bangsa. Sehingga dibutuhkan media informasi alternatif berkomitmen menyajikan informasi secara benar dan terpercaya (anti Hoax).

Kehadiran InSID.id juga untuk mempromosikan serta membumikan narasi moderasi Islam Indonesia dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berkeadaban. Negara yang dipahami sebagai Dar al-‘Ahd (Negara konsensus) dan Dar al-Syahadah (Negara Persaksian). Negara konsensus jelas berdimensi keagamaan sehingga menuntut komitmen untuk terus menjaganya dengan penuh amanah.

Oleh karena itu, prinsip moderasi Islam ini menjadi landasan kami dalam menentukan topik atau isi konten dalam kanal media online ini. Moderasi Islam yang memiliki karakteristik; tawassut (tengahan), I’tidal (adil), tawazun (seimbang), tasamuh (toleran), musawa (persamaan), syura (musyawarah), Islah (pembaruan), tatawwur wa ibtikar (dinamis dan inovatif) dan muwatanah (mengakui negara bangsa dan menghormati kewarganegaraan).

Bersama para awak dari cendekiawan muda muslim Institut Studi Islam Indonesia (InSID) yang berintegritas, berpengalaman dan expert di bidang ilmu-ilmu keagamaan dan sosial, InSID.id berusaha menjadi media online Islam yang sehat (anti Hoax) dan professional memadukan kode etik jurnalistik konvensional dengan jurnalistik Islam.

Kami berharap, InSID.id dapat menjadi kanal media online Islam terdepan yang mewadahi seluruh kalangan untuk menawarkan ide dan gagasannya melalui karya-karya jurnalistik.

 

Visi & Misi


Visi Kanal InSID.id:

Menyebarkan dan Membumikan Khazanah Moderasi KeIslaman dan Moderasi KeIndonesian Melalui Kanal Media Online yang Sehat dan Berkemajuan.

Misi Kanal InSID.id

1. Menjadi kanal media online Islam yang sehat ( anti Hoax) dan profesional sesuai kode etik jurnalistik di Indonesia

2. Menjadi kanal media online Islam terdepan dalam menyebarkan dan membumikan Watak Moderasi KeIslaman di Indonesia

3. Menjadi kanal media online Islam terdepan dalam membangun narasi keIndonesian sebagai Rumah kebangsaan umat Islam.

4. Menjadi kanal media online Islam terdepan dalam membangun kultur literasi di kalangan kaum muda Islam Indonesia.

5. Menjadi kanal media online Islam terbuka bagi wadah belajar dalam rangka membangun tradisi keilmuan keislaman dan keIndonesian yang progresif, terbuka dan rahmatalilialamin.

Selain ditulis oleh redaktur, konten-konten di InSID.id juga termasuk kiriman dari para contributor. Bila Anda berniat menulis untuk media ini, silahkan kirim lihat kententuannya di sini

Salam

Tim Redaksi